KEHIDUPAN ANAK-ANAK
TERANG
Pdt. Dr. Stephen Tong
Dalam Efesus 5:8-14, sekali lagi Tuhan menegaskan dan mengingatkan kita akan
perbedaan yang
terjadi atas diri kita yang berada di dalam Tuhan: dulu kamu adalah gelap dan
sekarang kamu adalah
terang. Paulus tidak mengatakan: dulu kamu berada di dalam gelap, sekarang kamu
berada di dalam
terang. Memang status kita sudah diubahkan dari seorang berdosa, sekarang
menjadi seorang yang suci
di hadirat Tuhan, tetapi dia langsung menyambung dengan kalimat, dulu kamu
adalah gelap dan
sekarang kamu adalah terang. Kamu adalah terang lebih penting daripada kamu
berada di dalam terang,
maka Alkitab mengatakan: Yesus adalah terang itu. Di dalam bahasa Yunaninya
digunakan bentuk
singular - karena Yesus adalah satu-satunya terang. Sebelum Yesus datang ke
dunia, filsuf-filsuf
berpikir bagaimana hidup di dalam terang dan apa artinya terang. Namun yang
mereka pikirkan
hanyalah bayang-bayang yang berada dalam imajinasi manusia, sampai ketika Tuhan
Yesus datang ke
dunia, hidup secara konkrit, memperkenalkan Tuhan Allah kepada manusia.
Dalam Daniel 2 tertulis, Allah hidup di dalam terang. Dia adalah terang yang
sejati, Dia
memancarkan terang dan Dia sendiri berada di dalam terang yang Dia pancarkan itu.
Dia adalah sumber
terang dan pengharapan bagi seluruh dunia, sumber terang bagi hidup manusia yang
mirip dengan
Tuhan, Penciptanya. Semua sifat ilahi berada di dalam terang. Di dalam terang
itu juga kita melihat
substansi hidup yang berbeda dengan kegelapan. Paulus berkata, dulu kamu adalah
gelap dan sekarang
kamu adalah terang. Soroasterisme yang kemudian berkembang menjadi Manichaenism
mengajarkan,
terang dan gelap bertarung tidak henti-hentinya di dalam sejarah, dan karenanya
terang dan gelap samasama
kekal. Mereka percaya pada dua dewa, yaitu dewa terang (Ahura Mazda), yang
menguasai segala
kebaikan dan dewa gelap (Anggra Mainyu), yang menguasai segala kejahatan. Kedua
dewa itulah yang
menguasai nasib dan hidup manusia. Orang Kristen tidak percaya adanya persamaan
substansi dari
kedua kekuatan itu, tidak percaya bahwa setan dan Tuhan mempunyai kekuatan yang
sama. Karena kita
percaya bahwa Allah adalah Allah yang dari kekal sampai kekal, Dia mengizinkan
kebebasan menjadi
dasar moral dari oknum-oknum yang dicipta, sehingga mereka boleh berbuat menurut
kemauannya.
Pada waktu kemauan diwujudkan dalam pemberontakan terhadap Allah yang sejati dan
Esa, saat itulah
kejahatan diizinkan terjadi. Itu berarti kejahatan tidak mempunyai substansi
yang sama dengan Allah,
dan eksistensinya juga bukan dari kekal sampai kekal. Inilah perbedaan terbesar
antara Kristen dengan
agama-agama yang menganut dualisme.
Pada waktu Agustinus berumur 20 tahun, dia mendengarkan khotbah yang disampaikan
oleh
pendeta dari agama Manichaenism tentang adanya pertarungan antara kebaikan dan
kejahatan di dalam
hati manusia. Itulah yang menyebabkan manusia berada di medan peperangan dan
diperebutkan oleh
dua dewa itu. Anak orang Kristen yang doktrinnya tidak kuat itu langsung
tertarik dan menyetujuinya,
bahkan memilih Manichaenism sebagai agamanya. Selama hampir 10 tahun Agustinus
terjerumus di
Page 1 of 4 Kehidupan Anak-anak Terang - Pdt. Dr. Stephen Tong
dalam agama yang tidak beres itu. Tetapi puji Tuhan yang menyelamatkan dia
keluar dari ajaran yang
tidak beres itu dan akhirnya menjadi seorang pejuang apologetika yang terbesar
di sepanjang sejarah
untuk melawan semua doktrin yang tidak benar. Tuhan dan kegelapan itu tidak sama.
Di dalam
kekekalan, semua kejahatan akan diadili oleh Tuhan yang baik, dan yang terang
tinggal kekal sampai
selama-lamanya.
Dengan pengertian yang konsisten seperti inilah iman kita tidak digoncangkan
oleh keadaan,
melainkan tetap bersandar kepada Tuhan. Untuk itu, Agustinus memberikan satu
kesimpulan: kejahatan
bukan sesuatu yang bersubstansi kekal, melainkan sesuatu yang kehilangan
kebajikan. Bagian yang
hilang itu menjadi bagian yang negatif. Pemikiran ini perlu dimengerti secara
filosofis. Di sini terdapat
selembar kertas yang utuh, yang mempunyai empat sudut: sudut kanan atas, sudud
kiri atas, sudut kanan
bawah, dan sudut kiri bawah. Keempat sudut inilah batasan dari kertas ini.
Kertas ini merupakan
kesempurnaan yang terbatas. Tetapi saat saya tidak memperhatikannya, seseorang
merobek sebagian
dari sudutnya. Sewaktu saya kembali, saya menemukan kertas itu sudah menjadi
lima sudut. Itu berarti
ada bagian yang terhilang. Kalau saya tanyakan, "Apakah ini?" Saudara akan
menjawab, "kertas."
"Apakah sempurna?" "Ya." Tetapi menurut saya kertas itu sudah tidak sempurna
lagi. Mengapa? Karena
saya melihat terlebih dahulu, maka saya tahu ada bagian dari kertas ini yang
sudah hilang. Yang
dimaksud dengan hilang adalah dulu kertas itu sempurna, tapi sekarang sudah
tidak sempurna lagi.
Sungguhkah ada bagian yang hilang? Ada. Yang mana? Bagian yang hilang adalah
bagian yang tidak
berada di sana lagi. Maka apa yang disebut dosa, jahat, gelap memang ada. Ada di
mana? Di tempat di
mana terang tidak bisa mencapainya, di bagian yang kurang, yang tidak ada lagi.
Paulus berkata: dulu kamu adalah gelap, sekarang kamu adalah terang. Jadi bukan
Saudara berada
di dalam terang-Nya saja, melainkan Saudara adalah terang - you are the light of
the world. Allah
memakai istilah-istilah dengan sangat teliti. Dia tidak mengatakan, Saudara
adalah lampu dunia. Apa
bedanya Saudara adalah lampu dunia dengan Saudara adalah terang dunia? Lampu
terbagi dalam kelas
yang berbeda-beda. Ada lampu yang harganya mencapai 50 juta, 100 juta, bahkan
ada yang satu milyar
rupiah per buah. Juga ada lampu tempel yang murah harganya. Alkitab mengatakan
Saudara adalah
terang dunia, tak peduli terang itu adalah terangnya lilin, terangnya lampu
tempel, atau terangnya lampu
Vienna, Venezia, pokoknya terang, karena di dalam terang tidak ada perbedaan
kelas.
Tahukah Saudara, waktu Allah menciptakan segala sesuatu, Dia memulainya dengan
menciptakan
terang - let there be light? Kata Paulus,, kamu bukan gelap lagi, kamu adalah
terang. Paulus
mengingatkan orang Kristen di Efesus agar mereka menyadari siapakah dirinya, our
substance, our
essence, our position - status kita, posisi kita, substansi kita adalah terang.
Kalau kita mengerti
kebenaran ini dengan tuntas, dengan sendirinya kita akan hidup sesuai dengan
status kita sebagai terang.
Jika ada hal yang takut diketahui oleh orang, berarti ada ketidakberesan. Itu
adalah hal yang gelap.
Gelap tidak pernah mempunyai mempunyai tempat di dalam Tuhan, karena Tuhan itu
terang adanya.
Tuhan mengutus terang untuk mengusir kegelapan dan menyinari mereka yang hidup
di tengah
kegelapan, yang berada di bawah bayang-bayang maut. Tuhan mengutus,
memerintahkan orang keluar
dari bayang-bayang maut untuk masuk ke dalam terang.
Waktu Joseph Haydn, diminta seseorang untuk menulis musik tentang Tuhan mencipta,
the
Creation; orang itu berpesan, gubahan musik yang ditulis harus berbeda dari
musik George Fredric
Handel. Kalimat: Allah berfirman, "jadilah terang, maka terang itu ada";
janganlah diulang, hanya satu
kali saja. Haydn berpikir mati-matian, bagaimana caranya agar musik gubahannya
tidak sama dengan
gubahan Handel yang kaya dengan variasi, conterpunk dan model barok. Setelah dia
selesai menulis, dia
melatih orkestra dan oratorio. Pada waktu pementasannya, dia khusus datang untuk
mendengarkan
bagian itu. Seorang muridnya yang kurang menghormati dia - Ludwig van Beethoven
menyaksikan
pementasan itu dengan pertanyaan: apakah yang masih ada pada guru saya yang tua
ini, yang masih bisa
saya pelajari? Waktu Haydn mendengar kalimat, "And God said, "Let there be
light!" muncul, "And
Page 2 of 4 Kehidupan Anak-anak Terang - Pdt. Dr. Stephen Tong
there was light." seakan-akan pada saat itu terjadilah suatu perubahan besar
dari kegelapan, kekosongan
menjadi terang. Air matanya jatuh bercucuran. Serta merta dia berdiri dan
berteriak, "Itu bukan dari
saya! Itu bukan dari saya, melainkan dari Tuhan." Lalu Haydn jatuh pingsan. Yang
kemudian
menolongnya adalah Beethoven yang akhirnya mengakui bahwa gurunya ternyata masih
hebat. Yang
ingin saya sampaikan di sini adalah Haydn mengerti kalimat: dari gelap terbitlah
gelap. Apakah
perbedaan terang dengan gelap? Kita adalah orang yang menamakan diri Kristen,
jangan menyandang
nama itu hanya karena kita dilahirkan di dalam keluarga Kristen atau karena kita
pernah mendengar
khotbah yang disampaikan oleh pendeta yang terkenal, melainkan karena kita
pernah dibawa keluar oleh
Tuhan dari status gelap kepada status terang. Kita pernah jahat dan egois,
tetapi Tuhan mengubah kita
menjadi orang yang menyangkal diri, memikul salib, mengenal Kristus dan hidup
sebagai wakil Tuhan.
Kalau Saudara adalah terang, apa jadinya? Bacalah ayat 8: hiduplah sebagai
anak-anak terang,
sehingga orang lain menyaksikan perbedaannya: orang ini selalu bercahaya, jujur,
benar, transparan.
Mengapa rakyat menginginkan transparansi? Karena tuntutan manusia: terang lebih
baik daripada gelap,
transparan lebih baik daripada gelap-gelapan. Bacalah ayat 9: karena terang
hanya membuahkan
kebajikan, keadilan, dan kebenaran. Terjemahan bahasa Indonesia ini mungkin
memberikan pengertian
yang salah. Sepertinya terang hanya membuahkan tiga macam buah, padahal
maksudnya adalah terang
hanya mungkin membuahkan hal yang baik, tidak mungkin membuahkan yang jahat.
Maka yang
dimaksudkan dengan: hanya membuahkan ... adalah jaminan kualitas: kebaikan -
goodness, keadilan -
righteousness dan kebenaran - truth.
Kebaikan, keadilan dan kebenaran akan keluar dari anak-anak terang. Jika
kejujuran terdapat pada
diri orang yang beragama lain, bukan karena mereka mengikuti teladan yang
berasal dari hati mereka
yang sudah mempunyai sumber hidup yang benar, melainkan karena mereka sudah
mempelajari
kebenaran yang seharusnya ada pada diri orang Kristen dari segi etika. Jujur,
adil merupakan sesuatu
yang penting. Apakah yang dipakai oleh orang Yunani untuk melukiskan dewa
keadilan? Yaitu seorang
dewa yang membawa timbangan yang sama beratnya, tidak memihak salah satu sisi.
Tetapi dewa itu
menutup matanya dengan kain, sehingga dia sendiri tidak melihat timbangan itu.
Artinya dia tidak
memihak siapa-siapa, semua orang boleh menilai apakah keputusan yang dia ambil
itu adil.
Keadilan, kebenaran, kebajikan disebut sebagai buah terang. Adakah kita adil,
jujur, baik di dalam
kelakuan kita? Adakah motivasi yang tidak baik di dalam hati kita? Jika ada,
kiranya Tuhan
mengampuni kita. Gereja adalah milik Tuhan, contributed by all belongs to none.
Everybody, every
nation can come and kneel down and worship before God, but no one suppose to
monopolize the church.
Jika kita menggunakan dua lampu sorot yang masing-masing menghasilkan cahaya
besar, adakah
batasan di antara kedua cahaya ini? Tidak ada, karena terang bisa membaur dengan
begitu harmonis,
hingga tidak dapat dipisah-pisahkan lagi. Karena Saudara adalah anak terang,
maka hiduplah di dalam
terang, hasilkan buah-buah terang, karena Tuhanmu adalah terang dan Saudara
telah dijadikan terang.
Saya kira tidak ada bagian lain dari seluruh tulisan Paulus yang membahas terang
lebih jelas daripada
bagian ini.
Kalimat dalam ayat 10 terdapat juga di Roma 12:2. Terjemahan lain, "Bolehlah
saudara selidiki dan
uji, sehingga mengerti apakah kehendak Allah yang baik, apa yang berkenan kepada
Allah, apa yang
kudus dan apa yang diperkenan Allah." Artinya lakukanlah hal-hal yang berkenan
kepada Tuhan, jangan
segan-segan menolak hal yang tidak berkenan kepada-Nya. Kita harus mengerjakan
segala sesuatu yang
sesuai dengan tuntutan Tuhan, to think after God's thinking, to act after God's
action, to feel after God's
feeling, to know after God's knowledge, to work in accordancde with the World
revealed by God.
Ayat 11: Jika ada orang mengajakmu untuk bersekongkol, berpartisipasi di dalam
pikiran dan
rencana yang gelap, Saudara harus menolak, bahkan harus berani menelanjangi.
Menelanjangi kejahatan
Page 3 of 4 Kehidupan Anak-anak Terang - Pdt. Dr. Stephen Tong
adalah satu satu tugas dan fungsi daripada terang Alkitab mengatakan: kamu
adalah terang. Terang
mempunyai satu fungsi yang luar biasa, mengusir kegelapan sekaligus menyatakan
cacat cela yang ada.
Waktu saya mengetahui terang (cahaya) mempunyai kecepatan tiga ratus ribu
kilometer per detik, saya
membayangkan, kalau saya berada di dalam satu ruang yang seratus persen
tertutup, lalu saya
menyalakan lampu, maka kegelapanpun hilang, artinya terang mengusir kegelapan.
Tetapi ke mana
larinya? Saya tidak bisa mengerti kecuali dengan satu kalimat di Alkitab, gelap
ditelan oleh terang, mati
ditelan oleh hidup. Maka kalau dikatakan Saudara adalah terang, artinya Saudara
harus bisa menelan,
menghapus, mengusir kegelapan. Kalau tidak diusir, ya dinyatakan saja. Di tempat
yang gelap, semua
yang berwarna hitam tetap hitam, yang berwarna putih juga hitam. Tetapi di
tempat terang nyatalah
dengan jelas, yang putih adalah putih, yang hitam adalah hitam.
Paulus menganjurkan orang Kristen yang hidup di dalam terang untuk bertindak
dengan berani
sekali, yaitu menelanjangi segala kejahatan, artinya melaporkan dengan sungguh
apa yang telah terjadi.
Yesus berkata, rahasia yang kau katakan di dalam kamar, tak lama kemudian akan
dibongkar di atap
rumah. Artinya semua perkara yang kita kira bisa kita rahasiakan akhirnya akan
terbongkar. Karena
kegelapan tidak mungkin menang atas terang, yang ada hanyalah terang mengalahkan
kegelapan. Maka
sebagai orang Kristen yang hidup di dalam sejarah, kita menyaksikan dua hal:
1. Bagaimana kejahatan bersekongkol.
2. Dalam jangka waktu yang panjang, bagaimana terang membongkar segala
kejahatan.
Paulus mengajak orang Kristen menelanjangi segala siasat kejahatan. Bacalah ayat
12. Maksud ayat
ini adalah: hanya menyebut apa yang mereka perbuat dengan sembunyi-sembunyi saja
sudah malu,
apalagi kalau ikut berpartisipasi dengan orang-orang yang merencanakan kejahatan
di dalam kegelapan,
itu adalah dosa besar. Saudara tidak boleh berbuat itu, karena Saudara adalah
terang. Saudara harus
jujur, adil, benar, baik, karena itulah buah-buah terang. Kamu (orang Kristen)
adalah terang, hasilkan
buah-buah terang.
LINK
Kotbah kawanjaja.blogspot.com/ 2006/01/kotbah-di-atas-bukit.html - 32k - |
Includes thousands of sermon
texts and outlines, indexed by Bible chapter. www.sermoncentral.com/ |
Sermon Illustrations provides
sermon illustrations, sermons, eulogies, funeral helps, and
counseling aids for ministers. www.sermonillustrations.com/ |
Weekly - Sermon ideas and
illustrations from SermonSearch.com. NEW - The Pastor's Corner -
Weekly Devotional Weekly - Encouraging words for Pastors. ... www.sermonsearch.com/ |
The largest library of over 93000
free MP3 audio sermons and podcasts on the web, live audio and
video webcasts, video and pdf sermons, breaking news, ... www.sermonaudio.com/ |
Revival Sermons at SermonIndex.net - audio mp3 sermon archive
Revival resources including over
8000+ free audio/video sermons you can download by classic
preachers like: AW Tozer, Leonard Ravenhill and many more.. www.sermonindex.net/ |
Sermon & Sermon-Lectionary Resources
Original sermons based on the
Revised Common Lectionary and links to various sermon and
lectionary resources on the WWW. Sermons posted prior to
lectionary ... www.rockies.net/~spirit/sermon.html |
Sermons, sermon outlines,
devotions, articles and bible sermons at Sermon Links.com. www.sermonlinks.com/ |
Sermon - Wikipedia, the free encyclopedia
The word "sermon" comes from
a Middle English word which was derived from an Old ...
This sermon was probably preached around 30 CE and is
recounted in the ... en.wikipedia.org/wiki/Sermon |
Sermons, articles, lectures,
meditations and outlines by reformed authors. www.sermon.org/ |
Offering more than 3000
inspirational stories to be enjoyed by anyone who likes reading
stories that touch the heart. Usable in sermons. www.sermonillustrator.org/ |
Baptist Online
Ministry of Jesus Christ
http://www.baptistbeacon.com/
THE LAST TRUMPET
http://www.lasttrumpet.com
SOVEREIGN GRACE BABPTIS CHURCH
http://www.sgrace.com/
REFORMED
THEOLOGY
http://www.geocities.com/Heartland/9170/
THE CHURCH
MINISTRY
http://www.thechurch-ministries.org/
HIS BY GRACER
A Christian Resource Page Committed to the Doctrines
Of Grace
http://www.hisbygrace.org/
Literature for sermon |
ALASKA
Anchorage
Municipal Libraries
www.lexicon.ci.anchorage.ak.us
·
Kenai Community
Library
www.kenailibrary.org
·
Homer Public
Library
www.xyz.net/~hpl
Juneau Public
Libraries
www.juneau.lib.ak.us/library
Warren-Newport Public
Library
www.wnpl.alibrary.com
·
Roselle Public Library
District
www.roselle.lib.il.us
· Mount
Prospect Public Library
Includes community information.
www.mppl.org
·
Waukegan Public Library
Details about library services, hours, events, catalog, and more.
www.waukeganpl.org
· Oak
Park Public Library
www.oppl.org
· Glen
Ellyn Public Library
Includes info on circulation and loans, hours, their online catalog,
periodicals list and more.
www.gepl.org
· La
Grange Park Public Library
Offers current information regarding programs, acquisitions, and recommended
web sites.
www.lplibrary.org
· Barrington
Area Library
Information on services and policies for children and adults.
www.barringtonarealibrary.org
·
Chicago Library System
Consortium of libraries.
www.chilibsys.org
· Shawnee
Library System
Regional, multitype library consortium serving 32 counties in southern
Illinois.
www.shawls.lib.il.us
Bahasa Mandarin, Cantonese, Hokkien, dll)
Literatur untuk Persiapan kotbah
Alkitab Perjanjian Baru dalam MP3 atau Disini (Juga tersedia dalam
Alasan mengapa Teori Evolusi salah
Exodus paper (GKRI)
Detik.com.
Kompas.com.
3. Astaga.com
Sekaligus.com