|
ALLAH
TURUT BEKERJA DALAM SEGALA HAL
Pdt. Dr. Stephen
Tong
Renungan ini ditranskrip dan disusun kembali dari seri khotbah Pdt. Dr.
Stephen Tong di
Mimbar Gereja Reformed Injili Indonesia di Jakarta
Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk
mendatangkan kebaikan
bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu mereka yang terpanggil sesuai dengan
rencana Allah, (Roma
8:28). Ayat ini tidak pernah kau temukan di dalam buku-buku klasik dari
Gerika kuno. Juga
penginterpretasian yang begitu tepat dan akurat, begitu baik dan total
seperti ayat ini tidak akan dapat
kau temukan dalam buku-buku Aristotle, Plato, Socrates, Heraclitos,
Lucresius, Empedocles, Homer.
Kau tidak mungkin dapat menemukan ayat yang seindah ayat ini di dalam
filsafat Descrates,
Kiekegaard, ataupun Kant. Satu-satunya sumber bijaksana yang begitu besar di
dalam alam semesta,
yaitu Roh Kudus, mewahyukan kebenaran kepada manusia melalui Rasul-Nya,
Paulus, sehingga dia
mengatakan kalimat yang mengandung makna yang amat dalam ini. Paulus
menemukan kunci untuk
mengerti segala sesuatu berdasarkan wahyu Tuhan kepada manusia. Kita melihat
ayat ini menonjol
sendiri di dalam seluruh Alkitab. Ayat ini sangat unik, segala sesuatu yang
terjadi dalam hidup kita,
peristiwa yang besar atau yang kecil, yang menyenangkan atau yang
menyusahkan, pengalaman yang
pahit atau manis, yang mematikan atau menghidupkan, yang menguntungkan atau
merugikan,
mempunyai hubungan satu dengan yang lain, dan Allah turut bekerja di dalam
segala sesuatu, atau Allah
bekerja di dalam segala sesuatu untuk mendatangkan faedah bagi orang yang
mengasihi-Nya.
Untuk menterjemahkan ayat ini saja terdapat begitu banyak versi, sebab
begitu banyak
kemungkinan menurut bentuk dari bahasa aslinya. Dikatakan di sini kita tahu
bahwa Allah turut bekerja
di dalam segala sesuatu; God is working with all things, in everything He
works; Allah bekerja di dalam
segala sesuatu atau yang diterjemahkan di sini menjadi 'Allah turut bekerja
di dalam segala sesuatu'.
Terjemahan bahasa Mandarin: di dalam segala sesuatu ada kekuatan yang
bekerja bersama untuk
mendatangkan faedah bagi mereka yang mencintai Tuhan. Terjemahan NSV, ayat
ini dikaitkan dengan
ayat sebelumnya, bahwa Roh Kuduslah yang turut bekerja di dalam segala
sesuatu yang terjadi,
sehingga barangsiapa yang mencintai Tuhan mendapatkan profit dan kebaikan.
Terjemahan bahasa
Indonesia cukup indah, tetapi istilah turut bekerja kurang mencerminkan
Allah sebagai inisiator. Allah Sebagai
Inisiator
Because all things work together for good to those who love God. And God is
working within all
things; Allah ikut bekerja dalam segala sesuatu. Allah bekerja untuk
mengatur segala sesuatu. Dia bukan
hanya ikut-ikutan bekerja sebagai oknum yang pasif. Dia adalah inisiator
yang mengontrol, memonitor
dan menguasai sejarah. Allah kita adalah Allah yang memimpin sejarah, Tuhan
dari sejarah. Allah kita
tidak mungkin membiarkan segala sesuatu terjadi tanpa campur tangan atau
izin-Nya. Yang
direncanakan berada dalam kehendak-Nya, yang diizinkan berada dalam
kehendak-Nya, yang dibiarkan
sekalipun tetap berada dalam kehendak-Nya. Allah memberikan kemungkinan
dengan segala kebebasan
yang liar, berbuat apapun, tapi akhirnya tetap dikuasai oleh-Nya. Jangan
mengira kalau kita mau berbuat
apa-apa, maka Tuhan tidak bisa berbuat apa-apa. Allah membiarkan kita
berdosa, membiarkan kita
memakai kebebasan kita yang liar, tapi akhirnya kebebasan seperti itupun
tidak bisa terlepas dari
penghakiman-Nya. Dengan demikian orang Kristen mengetahui bahwa kedaulatan
Tuhan berada dan
melanda di dalam segala bidang, segala katagori, segala peristiwa dan segala
sesuatu. Pemahaman ini
akan membuat iman kita menjadi kuat.
Segala Sesuatu Bekerja Sama
Ayat ini merupakan salah satu ayat yang paling dalam untuk mengerti segala
sesuatu yang terjadi di
dalam kosmos mempunyai makna dan telos (Yun: tujuan terakhir, Red) yang
sesungguhnya. Allah
memberikan segala sesuatu kepada manusia, Dia mengizinkan segala sesuatu
terjadi, dan Dia juga ikut
memonitor segala sesuatu di dalam sejarah. Tetapi apakah maksud segala
sesuatu? Apakah sebagai
peristiwa yang berkeping-keping ataukah sebagai totalitas? Jawabannya, bukan
berkeping-keping dan
terpecah belah, tetapi merupakan ketotalan. Ada kaitan antar satu peristiwa
dan peristiwa lain, sehingga
orang Kristen mempunyai pandangan total tentang hidup. Kita menangkap dan
mengerti segala sesuatu
bukan sebagai peristiwa yang terpisah-pisah oleh waktu, oleh periode sejarah,
oleh peristiwa-peristiwa
yang bersifat fragmental, melainkan sebagai peristiwa yang total.
Seorang ayah memberikan mainan puzzle yang terdiri dari ribuan keping kepada
anaknya. Anak itu
bertanya, "Kalau saya sudah menyusunnya, akan menjadi gambar apa?" "Kau akan
mendapatkan
gambar peta dunia," jawab ayahnya. Si anak mulai menyusun, tetapi alangkah
sulitnya menggabungkan
potongan-potongan kecil dari peta dunia, karena setiap potongan itu hampir
sama: garis, warna sungai,
kota, tempat, hanya itu saja. Anak itu menggabungkan potongan-potongan itu
dengan susah payah.
Akhirnya sang ayah berkata, "Kalau kaubalikkan semua potongan-potongan kecil
itu, kau akan dapat
mengerjakannya dengan mudah." Maka si anakpun berusaha membalikkan semua
potongan kecil.
Akhirnya dia mulai menemukan bahwa apa yang dikerjakan memang gampang.
Karena di balik
potongan itu terdapat warna yang gampang untuk dicocokkan. Setelah dia
menggabungkan semuanya
itu, dia menemukan bahwa gambaran yang jadi adalah Yesus kristus. Lalu
diberikan lem dan dibalikkan,
ternyata peta dunia sudah jadi. Mengertikah Anda akan maksud saya?
Orang Kristen berbeda dengan orang yang bukan Kristen. Orang Kristen dididik
dan diajar dengan
kalimat yang agung ini, all things work together for good to those who love
God. Ini merupakan
pekerjaan Tuhan di belakang layar. Kalau kau memang adalah anak Tuhan yang
mengasihi-Nya, tetapi
dalam hidupmu terjadi hal-hal yang berlawanan dengan kesejahteraan,
kesehatan, dan keinginanmu,
jangan kecewa, menangis, dan mengeluh dengan tidak henti-hentinya. Karena
kalau kau merasa sulit
untuk menyusun semua kepingan-kepingan yang bisa menjadi gambaran total,
pasti ada maksud Tuhan yang
baik untukmu, pasti semua itu membawa akibat yang baik buatmu. Sampai
kapankah iman kita
baru bisa menyanyi seperti ini, "Biarlah segala sesuatu terjadi pada diriku,
karena semua itu menjadi
kebaikan bagiku yang mencintai Tuhan." Sampai kapankah kita bisa mempunyai
iman yang teguh,
sehingga kita berteriak seperti ini, "Biarlah semua kepahitan, penganiayaan,
kesulitan, dan semua yang
tidak aku inginkan menimpa diriku, aku tetap memuji Tuhan. Karena di
belakang segala kepahitan,
penderitaan, kesengsaraan, kerugian ada topangan dari tangan Tuhan, untuk
memberikan faedah bagi
diriku." Bila kerohanian seseorang sudah mencapai tahap ini, dia akan
menjadi stabil luar biasa: biar
diancam, diiri, dihantam, difitnah, diumpat, dia tetap tenang dan tersenyum.
Segala sesuatu bekerja bersama? Memang. Allah tidak mencetak peta dunia yang
kelebihan satu
atau kekurangan satu, sehingga akhirnya menjadi ompong-ompong. Tidak! Karena
jikalau kau mengenal
kehendak Kristus dan rencana Tuhan yang kekal secara total, maka hidup yang
berada di dalam
hidupmu dan pengalaman yang terjadi dalam hidupmu tidak ada satupun yang
bisa dihapus.
Banyak orang Kristen tidak mau digarap oleh Tuhan. Hanya mau sebagian, tidak
mau all things.
Hanya mau something, not all things. Only something and make you nothing.
All things will make you
something. Kalau kau tidak rela diatur oleh Tuhan dalam semuanya, kau always
become nothing. Tapi
bila kau menerima segala sesuatu dengan pengertian, ketaatan yang penuh, dan
bijaksana yang dari
Tuhan, kau akan dibentuk oleh Tuhan menjadi sesuatu.
Dua ribu dua ratus lima puluh tahun yang lalu Mensius berkata, tian jiang da
ren yu shi ren ye, pi
xian lao qi jing gu, jo qi fu; jikalau langit memberikan tugas yang berat
kepada orang yang tertentu,
maka orang itu pasti diberikan kesengsaraan besar, dilatih sampai semua
ototnya lelah, dan hatinya
penuh kepedihan, barulah dia akan menunaikan tugasnya. Sekali lagi saya
menegaskan, tanpa salib tidak
ada kebangkitan; tanpa kematian, tidak ada mahkota; tanpa Getsemani, tidak
ada kemuliaan. Inilah cara
Tuhan. Pada waktu kita berada di dalam kesulitan, kita berusaha melarikan
diri, tetapi Allah
menghendaki kita mengalami segala sesuatu yang diizinkan datang melanda kita
sebagai kesempatan
untuk mendapatkan kemenangan.
Mendatangkan Faedah
Di sini kita melihat ada campur tangan Tuhan Allah di dalam segala sesuatu,
dan semua campur
tangan Allah mempunyai makna yang khusus: mendatangkan faedah, dan faedah
ini khusus diberikan
kepada mereka yang mencintai Dia. Mengapa Tuhan memperbolehkan kesengsaraan
berada di dalam
dunia? Mengapa Tuhan memperbolehkan kegagalan-kegagalan pribadi terjadi?
Mengapa Tuhan tidak
menolong pada saat kita sedang dicobai setan, bahkan kadang-kadang
memperbolehkan kita berada di
dalam cengkeramannya? Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang sulit ini
sudah diberikan oleh
orang-orang di dunia, baik para filsuf, moralis atau agamawan. Tetapi
kecuali kita kembali kepada Kitab
Suci, kita tidak mungkin mendapatkan jawaban yang paling tepat untuk hal ini.
Mengapa Tuhan
memperbolehkan sengsara itu ada? Mengapa Tuhan memperbolehkan kegagalan itu
berada? Jika saya
adalah seorang yang mengajar anak saya menyetir mobil, lalu pada waktu
kesulitan tiba -- kalau
memang dalam jangkauan saya--, saya akan berusaha mengerem, sehingga tidak
akan terjadi tabrakan.
Mengapa Tuhan tidak mengerem? Mengapa Dia tidak memberikan interverensi
darurat pada waktu
kesulitan-kesulitan terjadi? Mengapa Tuhan memperbolehkan segala marabahaya
terjadi? Mengapa, mengapa,
mengapa? Kita bertanya dan bertanya terus. Sepanjang hidup, manusia adalah
satu-satunya
makhluk yang tidak habis-habisnya bertanya tentang peristiwa-peristiwa
seperti ini.
Mengapa Allah memungkinkan dan membiarkan segala sesuatu terjadi? Martin
Luther berkata,
"There are no why in the heart of the true believer" ; tidak ada kata "mengapa"
di dalam hati orang-orang
yang sungguh beriman kepada Tuhan. Karena iman yang sejati sudah mencakup
penerimaan dan
pengertian bahwa Allah tidak mungkin berbuat salah. Kalau Allah tidak
mungkin berbuat salah, maka
segala sesuatu yang Ia izinkan terjadi pada diri kita adalah hal yang
mempunyai faedah yang luar biasa
meskipun di luar kesanggupan kita untuk mengerti.
Pada waktu kepicikan, menderita penyakit, mengalami kesulitan atau
disalahmengerti, diserang
oleh orang lain; pada waktu kau harus mengalami segala kesusahan yang jauh
lebih berat dari
kemungkinan yang dapat kau tanggung, jawablah because Thy will is like this,
I except all of them,
karena kehendak-Mu memang begitu indah. Kehendak Tuhan bukan saja indah di
hari di mana kau
mengalami kesuksesan, diberi berkat dan hadiah, kehendak Tuhan yang indah
termasuk saat-saat kau
diizinkan untuk menerima penderitaan dan kesulitan yang besar. Saya bukan
pendeta yang berkata
kepadamu, "Percaya kepada Tuhan, beri pesembahan sebanyak mungkin, supaya
kau mendapatkan
curahan berkat dari surga, sehingga menjadi kaya raya." Saya berkata
kepadamu, di antaramu ada yang
akan diberi kelancaran, kesehatan dan kekayaan, tapi sebagian mungkin akan
diberi kecacatan,
kesulitan, dan segala penderitaan. Saya tidak tahu siapa. Tapi iman bukan
hanya menyanyi di siang hari,
iman juga bisa menyanyi pada waktu malam yang gelap. Iman bukan hanya memuji
pada waktu lancar,
iman selalu bersyukur di dalam penderitaan.
Mereka yang lancar, yang sukses, yang kaya, stop membanggakan diri, merebut
kemuliaan Tuhan
Allah dan menghina orang lain. Sedangkan mereka yang menangis, yang
menderita dan yang berada di
dalam kesengsaraan, yang sedang memikul salib berat, stop hujat Tuhan, stop
mencela nama-Nya dan
berhenti berbuat dosa dalam usaha untuk menyelesaikan kesulitan itu. Segala
sesuatu yang diizinkan
Tuhan terjadi di dalam hidup kita ada maksud tertentu yang sekarang
terselubung dengan fenomena-fenomena
kesulitan, tetapi ada suatu pencerahan, pada waktu kau masuk ke dalam dirimu
yang terdalam
untuk menemukan jawaban dari Tuhan.
Pada waktu gereja berada di dalam kesulitan, pada waktu orang Kristen
mencucurkan air mata,
pada waktu kita mengalami segala kepicikan, jangan lupa bahwa Tuhan sedang
menyatakan
kemungkinan yang lain di luar dalil dan rumus-rumus umum darimu. Mari kita
semua melepaskan diri
dari segala kemungkinan yang mengakibatkan kita tercerai berai dari rumus
dan pimpinan Tuhan yang
dinamis dan begitu indah. Biarlah kita tetap peka dan betul-betul rendah
hati dan taat kepada Tuhan
setiap saat. Katakanlah, "Tuhan, segala sesuatu yang terjadi telah membawa
aku lebih dekat kepada-Mu.
Untuk yang baik, saya bersyukur kepada-Mu, bukan karena jasaku yang tidak
baik, yang tidak
menguntungkan, juga bukan satu hal yang khusus Tuhan pakai untuk menghantam
saya, melainkan
Tuhan memakainya untuk melatih diriku menjadi lebih baik."
Calvin dan komentator lain seperti F.F. Bruce melihat bahwa segala sesuatu
yang terjadi hanya
sebagai latihan buat orang Kristen saja. Namun saya melihat hal lebih luas
dari itu, melampaui sekadar
pengalaman pahit bagi orang Kristen saja. Mengapa Tuhan mengizinkan segala
sesuatu yang tidak kita
inginkan terjadi? Mengapa Tuhan mengizinkan segala sesuatu yang seharusnya
tidak terjadi? Saya tidak
tahu. Tapi saya tahu satu hal, untuk menyempurnakan yang di dalam, perlu
memotong bagian bagian
yang di luar; untuk menyempurnakan yang lebih kekal, perlu ajaran yang
diberikan pada bagian luar.
Kadang-kadang Tuhan harus memotong sesuatu, harus memukul sesuatu, sehingga
kerugian yang
sementara mengakibatkan kesempurnaan yang kekal. Penderitaan kedagingan
mengakibatkan suatu
kenikmatan rohani, sehingga kerusakan dan kekurangan secara fenomena dan hal
yang terjadi di dunia
mengakibatkan kita memikirkan hal yang kekal. Sebuah buku
apologetika komunisme untuk melawan
kekristenan yang saya baca mengatakan,
"Jika orang Kristen mengatakan bahwa orang komunis bersalah banyak membunuh
rakyatnya, kita akan
membantah dengan berkata, 'Allahmu bersalah membunuh manusia lebih banyak
daripada orang-orang
komunis.' Satu kali bencana alam, seperti gunung meletus atau badai laut
besar, ratusan ribu orang yang
tidak bersalah harus dibunuh." Di dalam Kitab Suci kita melihat hal yang
paling tidak masuk akal, atau
yang paling tidak bisa kita mengerti adalah peristiwa yang terjadi dalam
hidup Ayub. Kesepuluh
anaknya mati dalam satu hari, harta benda dirampas dan semua yang dia miliki
lenyap dari tangannya.
Bukan saja demikian, istrinyapun mulai meninggalkan dia. Hampir tidak ada
contoh yang lebih
mengerikan, tidak ada malapetaka yang lebih besar, yang bisa kita bayangkan
daripada peristiwa yang
terjadi pada diri Ayub. Hal tersebut perlu dicatat di dalam Alkitab,
sehingga dari zaman ke zaman,
waktu manusia bertanya, 'mengapa?' (sebenarnya kita tidak berhak bertanya)
dia boleh mencatat
peristiwa Ayub. Alkitab mencatat akhirnya Tuhan mengembalikan semua milik
Ayub yang hilang dua
kali lipat dari sebelumnya.
Mengapa Tuhan mengizinkan semua ini terjadi? Di dalam iman, kita tidak perlu
bertanya,
"mengapa?" Jawabannya bukan dari spekulasi kepintaran kita, melainkan dari
Kitab Suci: Allah belum
pernah berbuat salah. Dan di dalam segala penderitaan, kesulitan dan bahkan
kematian yang terjadi pada
diri orang-orang yang mencintai Dia, ada rencana dan pemeliharaan yang kekal,
yang jauh lebih tinggi
daripada fasih lidah kita untuk berdebat, daripada pikiran kita berlogika,
dan spekulasi kita dengan
jawaban yang tidak sempurna.
Puji Tuhan! Jikalau hidupmu penuh dengan gelombang, pengoyakan, penyaringan,
penggeseran,
ujian, cobaan, namun akhirnya kau menang. Waktu kau bersaksi, kau tenang.
Kalau orang lain sedang
mengalami sesuatu, langsung kau bisa mengucapkan kata-kata yang indah yang
bisa menenangkan dia.
Bila orang lain menceritakan kesulitannya, kau langsung mengeluarkan
kata-kata mutiara untuk
menghibur dia. Bila ada yang tawar hati, kau langsung mengucapkan kata-kata
perjuangan untuk
mendorong dia.
Karena Kita Tahu
Jika pada ayat-ayat sebelumnya kita mendapati bahwa kita sebagai buah-buah
sulung Roh
Kuduspun turut mengeluh, kita berada di dalam keadaan sengsara, penderitaan
dan kesulitan yang tidak
berbeda dengan mereka yang belum diselamatkan, yang bukan anak Tuhan. Kita
adalah orang-orang
yang sama-sama berada di dalam penderitaan tetapi status kita berbeda,
karena kita adalah anak-anak
Allah. Jika perbedaan status tidak membawa perbedaan kenikmatan, apa pula
artinya? Memang hampir
tidak ada perbedaan antara orang Kristen dan orang yang bukan Kristen dalam
menghadapi kenikmatan
dan kesengsaraan di dalam dunia. Tetapi ada kenikmatan tertentu di dalam
pengertian rohani orang
percaya yang memberikan kesadaran dan kekuatan untuk melampaui segala
sengsara sebagai fenomena
yang sementara ini. Pada saat Paulus mengatakan kita tahu, dia sedang
mengadakan perbedaan antara
orang Kristen dan orang bukan Kristen, yaitu kita orang Kristen --mengetahui
bahwa kita mempunyai
pengertian yang berbeda dengan orang lain. Meskipun sama-sama berada dalam
penderitaan, dalam
kesulitan-kesulitan duniawi ini, orang Kristen mempunyai semacam kesadaran
dan pengetahuan yang
tidak mungkin dimiliki oleh mereka yang belum mengerti akan wahyu dari Tuhan
Allah. Orang Kristen yang
beriman, yang bervisi dan mempunyai pengertian melalui iman yang
mendatangkan visi yang benar itu berani berkata seperti ini, "Karena kita
tahu; because we know."
Sejarah mencatat bagaimana orang Kristen di abad pertama mengalami
pencemoohan, penganiayaan,
penderitaan dan perlakuan yang tidak adil dari pemerintah dunia yang melawan
Yesus Kristus, seperti
Herodes dan para kaisar Romawi. Mereka memperlakukan orang Kristen bagaikan
sampah dunia, tetapi
mereka merasa heran sekali, karena orang-orang Kristen yang mengalami
penganiayaan dan penderitaan
dapat berdiri dengan tegak, tegar, dan menyanyi di dalam penderitaan.
Seorang sejarahwan Yahudi yang bernama Josephus berkata, "Saya tidak bisa
mengerti, pada
waktu singa menerkam mereka, orang Kristen tetap mempunyai wajah yang tenang,
hati yang begitu
stabil dan mereka memuji Yesus Kristus. Sebelum mati, suara pujian tidak
henti-hentinya keluar dari
mulut para martir-martir itu." Jawabannya terdapat di sini: sebab kita tahu;
because we know. Iman yang
sesungguhnya bukan iman yang tahayul, yang membius otak, yang
menginjak-injak logika, melainkan
iman yang menggugah pengertian yang sesungguhnya, yang sesuai dengan
kebenaran Tuhan. Allah
yang mewahyukan kebenaran, adalah juga Dia yang menciptakan otak manusia.
Ketika kita
menggabungkan kedua hal ini, kita tahu bahwa keduanya hanya mempunyai satu
tujuan, yakni supaya
kebenaran yang Tuhan wahyukan boleh memimpin pikiran yang dicipta oleh Tuhan
yang sama. Begitu
banyak kaum cendikiawan, kaum intelektual ketika mengembangkan intelek
mereka, mereka tidak
memiliki penguasa intelek. Sebab itu, mereka bersandar pada pikiran, otak
dan logika mereka sendiri.
Maka semakin seseorang memiliki kepintaran, semakin mungkin dia berada di
dalam hati yang gelap.
Semakin mereka bertumbuh secara pengetahuan, mereka semakin jauh dari
kerelaan untuk mematahui
kebenaran Tuhan Allah. Sebab itu, iman kepercayaan bukan membunuh logika
atau otak melainkan
memimpin otak yang Tuhan ciptakan itu untuk kembali kepada firman yang Dia
wahyukan. Inilah yang
membuat Paulus mencetuskan because we know.
Apakah bedanya penderitaan bagi orang yang beriman dan bagi orang yang tidak
beriman? Bagi
orang yang beriman, penderitaan akan membuat imannya menghasilkan
pengharapan. Namun bagi
mereka yang tidak beriman, penderitaan justru membunuh pengharapan mereka.
Inilah perbedaan antara
orang yang memiliki dinamika iman dan mereka yang tidak memilikinya. Saya
mengambil contoh dari
dua orang terpidana mati. Mereka menerima vonis yang sama, tinggal di dalam
kamar yang sama
kondisinya, dan di dalam penjara yang sama. Namun akhirnya salah seorang di
antara mereka
mendapatkan pengampunan, dan yang seorang lagi tetap dipidana mati. Penjaga
penjara datang
memberitahukan kepada A, "Sepuluh hari lagi kau akan dibebaskan." Lalu
kepada si B ia mengatakan,
"Sepuluh hari lagi kepalamu akan dipenggal." Permisi tanya, apakah bedanya
sepuluh hari itu untuk
mereka berdua? Mereka tetap berada di dalam keadaan yang sama, hidup di
bawah atap yang sama,
penjara yang sama, dalam penderitaan yang sama tetapi yang seorang berpikir,
"Sepuluh hari lagi aku
akan pulang, bertemu dengan istri dan anak yang merindukanku." Sedangkan
yang satu lagi berpikir,
"Sepuluh hari lagi saya akan mati, kepala saya akan dipenggal dan dikuburkan."
Sepuluh hari lagi
memang sama jumlahnya bagi si A dan bagi si B, namun perasaan mereka berbeda.
Karena yang
seorang sudah memperoleh keyakinan, jaminan, dan pengharapan untuk bebas.
Sementara yang lain
menantikan eksekusi vonisnya, kepalanya akan dipenggal dan dia akan menuju
kepada kematian yang
belum dia ketahui. Maka ketika si A menghitung hari-harinya, "Sisa 9 hari, 8
hari, 7 hari, 6 hari, 3 hari,
2 hari dan besok, saya akan keluar dari sini. Istri saya sedang menunggu,"
pengharapan itu memberikan
gairah dan kekuatan yang luar biasa bagi jiwanya. Tetapi bagi yang seorang
lagi, setiap matahari terbit
merupakan kutukan baginya, dan ketika matahari terbenam merupakan ancaman
baginya. "9 hari, 8 hari,
7 hari, 3 hari, 2 hari lagi saya harus mati." Ini melukiskan perbedaan
antara orang Kristen dan mereka
yang tidak beriman kepada Tuhan.
Because we know, karena kita tahu. Kalimat ini merupakan proklamasi bagi
orang yang beriman
kepada Tuhan. Kalimat ini juga diucapkan oleh seorang yang hidup sebelum
Musa lahir, yaitu Ayub.
Ayub 19:25 menyatakan, "Because I know my redeemer lives; karena aku tahu
Penebusku hidup dan satu hari
nanti Dia akan berdiri di atas bumi ini untuk menghakimi segala sesuatu, dan
di dalam tubuhku
aku akan berjumpa dengan-Nya." Pengetahuan yang diutarakan oleh Ayub ini
melukiskan pengharapan
yang mempersatukan kekekalan dengan kesementaraan. "Aku mengetahui Tuhanku,
Penebusku hidup."
Inilah kalimat pertama dalam Alkitab yang mencetuskan iman kepercayaan orang
Kristen yang
melampaui semua agama. "Karena Penebusku adalah Penebus yang mengalahkan
kematian dan bangkit,
sehingga Dia hidup. Aku tahu bahwa Penebusku hidup dan pada hari terakhir,
ketika dunia kiamat, Dia
akan berdiri di atas bumi ini. Dia akan datang kembali." Pada waktu Ayub
menulis ayat yang begitu
penting, Kristus belum inkarnasi, belum datang ke dalam dunia, belum
mengalahkan pencobaan, belum
dipakukan di atas kayu salib, belum dikuburkan, belum dibangkitkan pula dari
antara orang mati. Tetapi
Ayub melihat dengan iman akan wahyu yang Tuhan berikan dalam hatinya. Dia
mengetahui sedalam-dalamnya
bahwa Penebusnya hidup, dan pada hari kiamat nanti Dia akan berdiri di dunia
ini untuk
mengatasi dan menghakimi seluruh umat manusia.
All things work together, begitu banyak hal yang Tuhan perbolehkan terjadi,
pada waktu kita tidak
mengerti, jangan kita bersungut-sungut, atau melawan Dia, atau marah
kepada-Nya, biarlah orang
Kristen belajar bersabar untuk menunggu, serta berkata di dalam hati, Tuhan,
apa yang Kau kerjakan
lebih besar daripada kemungkinan aku mengerti, biarlah aku bersabar dan
hanya taat kepada-Mu saja.
Sebab itu saya menghimbau orang kaya jangan menghina orang miskin, orang
miskin juga jangan iri
terhadap orang kaya, orang pandai jangan membiarkan diri congkak, dan orang
yang kurang pandai juga
jangan menghina dirinya sendiri. Karena segala sesuatu yang berada di bawah
pengaturan Tuhan akan
menjadi baik dan indah jika motivasi kita adalah cinta kepada-Nya. Allah
memperbolehkan penderitaan,
kesengsaraan, kesulitan menimpa seseorang untuk membuktikan bahwa orang yang
mencintai-Nya tidak
akan dihancurkan oleh penderitaan. Jika seseorang tetap bersih, tetap setia,
tetap mempunyai watak yang
anggun dalam penderitaan dan kesengsaraan, maka Tuhan akan berkata kepada
setan, "Coba lihat anak-Ku
yang satu ini, meskipun diberi penderitaan dan kesengsaraan, ia tetap teguh,
tetap jujur, tetap berdiri
dengan teguh dan setia kepada-Ku." Penderitaan-penderitaan yang diizinkan
oleh Tuhan untuk menimpa
diri orang Kristen adalah alat yang paling baik untuk membuat setan undur.
Penderitaan-penderitaan
besar yang Tuhan berikan adalah yang paling baik bagi kita untuk menyumbat
mulut Iblis yang selalu
menuduh kita.
Ada 3 pekerjaan setan yang besar, yang dicatat oleh Alkitab:
1. Setan adalah pencoba manusia, yang menggoda manusia berbuat dosa.
2. Setan adalah perintang Allah dalam menghambat terlaksananya
rencana-rencana Allah.
3. Setan adalah penuduh orang suci akan dosanya di hadapan Tuhan Allah siang
dan malam.
Ketiga hal ini adalah pekerjaan setan yang tidak habis-habisnya. Tuhan
memperbolehkan semua ini
terjadi, tapi bagi mereka yang mencintai Tuhan, ada jalan keluarnya. Setan
menuduh, mencobai dan
merintangi, karena itulah pekerjaannya. Mengapa Allah membiarkan setan ini
berada? Untuk
membuktikan sekalipun setan ada, tetap tidak mungkin menjatuhkan gereja.
Sepanjang sejarah, gereja
telah diombang-ambingkan, dikacaukan oleh setan. Banyak pemimpin-pemimpin
gereja yang tidak
waspada, malah lebih suka bekerja dengan setan, untuk menjadi alat setan,
sehingga tubuh dan gereja
Yesus Kristus kehilangan kemuliaan yang sesungguhnya.
Dalam Mzm 119, Mazmur yang terpanjang, terdapat beberapa kalimat mengenai
sengsara. Dan ada
dua ayat yang sangat penting, yaitu ayat 67 dan 71, yang di dalamnya
terdapat dua istilah mengenai
penderitaan. Pemazmur berkata, "sebelum menderita, aku pernah jalan sesat."
(terj. LAI: 'tertindas',
Red). Kedua, "penderitaan itu berfaedah bagi diriku." Saya minta engkau
memikirkan kedua kalimat itu.
Sebelum penderitaan, saya selalu berjalan pada jalan yang sesat, dan di
dalam penderitaan, saya
mengalami faedah dari Tuhan Allah. Tidak pernah ada sebuah cincin emas yang
tidak melewati api.
Tidak pernah ada sebuah berlian yang tidak mengalami asahan dan dibentuk
dengan indah. Tidak ada
pakaian yang indah yang tidak mengalami digunting dan dijahit dengan jarum
yang tajam. Jika emas
memerlukan api, sehingga warnanya nyata, berarti pembakaran adalah hal yang
sangat diperlukan oleh
setiap orang. Jika berlian perlu diasah sampai bisa berbentuk indah, berarti
orang Kristen juga
memerlukan penderitaan. Demikian juga ketika kain yang indah dipotong oleh
gunting yang tajam dan
jarum yang menusuk, semua itu membuktikan ketika kita berada di tangan Tuhan,
Tuhan
memperbolehkan segala penderitaan menimpa diri kita merupakan rencana yang
agung untuk kebaikan
kita. Puji Tuhan! Mengapa Allah membiarkan setan ada? Jawabannya tetap dari
kitab Ayub, di mana
Tuhan memegahkan, memuliakan Ayub dan berbantah dengan setan, "Bukankah kau
minta kepada-Ku
agar hidup Ayub disiksa olehmu? Agar tubuh Ayub diberi sebanyak mungkin
penyakit?" Jangan kita
memutlakkan semua penderitaan dan penyakit berasal dari setan. Itu adalah
ajaran yang tidak benar.
Semua penyakit dan semua penderitaan kalau bukan diizinkan oleh Tuhan,
setanpun tidak mungkin
memberikannya pada tubuh orang Kristen. Jika Tuhan mengizinkan, meskipun
penyakit-penyakit itu
menyerang diri kita, orang yang mencintai Tuhan pada akhirnya akan
mengalahkan semua itu.
"Sekarang lihatlah," kata Tuhan, "bahwa imannya terhadap-Ku tetap teguh."
Iman kepercayaan
orang Kristen tidak boleh hanya dibangun di atas bahagia dan keuntungan yang
Tuhan berikan kepada
kita. Saya percaya hari ini di antara Anda ada yang lancar luar biasa, ada
yang sama sekali tidak lancar,
ada yang berdagang mati-matian, kerja dengan sesetia mungkin tapi terus
tidak mendapat keuntungan,
ada yang sepertinya tidak usah bekerja apa-apa, hanya dengan mengangkat
telpon saja sudah dapat uang
milyaran uang.
Saya tidak mengerti mengapa. Namun saya berkata kepadamu, pada saat ujian,
pencobaan,
kesulitan, dan penderitaan menimpa dirimu, janganlah kau cepat-cepat
bersungut-sungut kepada Tuhan,
karena itulah waktu setan memakai dirimu untuk mencela Tuhan. Saat itu
biarlah kau kembali kepada
Alkitab, "Sebab aku tahu, segala sesuatu bekerja sama untuk mendatangkan
faedah bagi mereka yang
cinta Tuhan." Dalam kesulitan yang bagaimanapun, peliharalah hatimu yang
cinta kepada-Nya,
peliharalah pikiranmu yang bersih, peliharalah hatimu yang tidak mau
ditinggalkan oleh cinta Tuhan.
Peliharalah dirimu di dalam kasih Allah senantiasa. Tegakkan dirimu di atas
firman Tuhan yang suci dan
yang benar itu, dan berdoalah di dalam Roh Kudus.
Sekali lagi saya menjelaskan istilah ini, berdoa di dalam Roh Kudus tidak
berarti berdoa di dalam
bahasa Roh, sebagaimana berjalan di dalam Roh tidak berarti berjalan dengan
bahasa Roh, melainkan
berarti mengikuti pimpinan dan jejak Roh Kudus, sehingga perjalanan hidup
sehari-hari kita dipimpin
oleh oknum ketiga dari Allah Tritunggal. Dan berdoa dalam Roh berarti
seluruh hidup doa kita adalah
doa yang dipimpin dalam naungan Roh Kudus. Karena Roh dengan keluh kesah
yang tidak terkatakan
telah membantu mengoreksi doa kita menjadi doa yang suci dan murni, yang
boleh berkenan kepada
Tuhan Allah.
Allah Bapa dengan kasih-Nya melindungi kita, Allah Anak dengan firman-Nya
mendidik kita,
Allah Roh Kudus dengan kebijaksanaan yang melampaui manusia memimpin kita,
dan dengan keluh
kesah-Nya menolong kita berdoa. Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus
tidak akan
meninggalkan kita, dan kitapun jangan meninggalkan Dia. Jangan kita berusaha
keluar daripada tangan
Tuhan lalu kita minta dipelihara, itu tidak mungkin. Biarlah kita tetap
berada di dalam cinta Tuhan, dan
barangsiapa yang mencintai Tuhan mendapatkan faedah. All things work
together for good to those who
love Him. Siapakah di antara kita yang berkata, "Tuhan, di hari -hari aku
lancar aku cinta Kau, di hari-hari
aku sehat aku cinta Kau, di hari-hari aku beruntung aku cinta Kau, di hari -hari
aku merasa picik dan tidak lancar,
di hari-hari aku mengalami penderitaan, kerugian, Tuhan aku mau tetap cinta
Kau." Tuhan
akan menghapus air matamu untuk melihat bahwa hari depanmu tetap ada
penyertaan-Nya, Dia tidak
akan meninggalkanmu. Karena segala sesuatu bekerja sama mendatangkan faedah
bagi mereka yang
mengasihi Dia.
Sumber: Majalah MOMENTUM No. 26 - April 1995
http://www.geocities.com/reformed_movement/artikel/allahbkr.html |